Monday 27 April 2015

ROOT XPERIA Z2 (D6503) FIRMWARE 23.1.A.0.690 ANDROID 5.0.2

Otak-atik Google + XDA berjam-jam buat cari cara root HH ini. Kalau update-annya masih baru pasti susah nyari tutorial yang aman, jadinya harus campur sok tahu. Dan berikut cara root Xperia Z2 dengan Firmware dan Versi Android yang sama dengan judul di atas.

Syarat dan File yang dibutuhkan:

Perhatian!
  • Z2 Anda menggunakan Kernel 23.1.A.0.690
  • Melakukan Unlock Bootloader, Flash Recovery dan Rooting, dapat mengakibatkan garansi Z2 Anda hangus.
  • Backup seluruh data Anda, melakukan proses ini akan menyebabkan Z2 Anda tereset.
  • Tidak semua isi dari Stock ROM akan digunakan pada proses flash.
Penjelasan:

Pada saat postingan ini saya tulis hal hanya ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan akses root pada Z2 Android 5.0.2 yaitu dengan menurunkan versi kernel menjadi 23.0.1.A.0.167 atau Melakukan Flash Stock ROM yang sudah dimodifikasi. Dan yang saya lakukan adalah dengan menurunkan versi kernel.

Step-by-Step:

1. Aktifkan Developer Options pada Z2
Settings > About > Tekan terus Build Number sampai ada Pesan berhasil 
2. Aktifkan USB Debugging dan Unknown Source
Settings > Developer Options > USB Debugging
Settings > Security > Unknown Sources
3. Matikan Z2 Anda, Pasang Kabel Data pada PC, Tahan Volume Atas sambil memasang kabel data ke Z2 Anda, maka Z2 akan berada dalam kondisi fastboot.

4. Buka Command Prompt, lalu ketikkan perintah
fastboot devices
Jika Z2 Anda terdeteksi maka Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, jika tidak maka Anda harus menginstall Driver Fastboot yang berada di Folder Flashtool,
Folder_Flashtool/drivers/Flashtool-drivers.exe
5. Pada command prompt ketik:
fastboot flash boot boot.img
Anda harus mengetikkan lokasi boot.img berada, Contoh:
fastboot flash boot D:/boot.img
6. Jika pesan berhasil telah tampil maka ketikkan
fastboot reboot
 7. Z2 Anda akan mengalami bootloop, Anda harus masuk ke Recovery Mode dengan menekan-nekan tombol volume atas.

8. Saat masuk di Recovery Mode, pilih advanced lalu turn off Z2 Anda.

9. Jalankan Flashtool, Pilih Flash Device (Logo Petir)


 10. Pilih Flashmode, Lalu ganti Source Folder sesuai dengan lokasi file ftf yang Anda Download.


11. Hilangkan semua centang pada group "Wipe" dan Centang "Partition" dan "System" pada bagian Exclude.


12. Pastikan semua telah sesuai lalu tekan Flash. Maka Flashtool akan meminta Anda menghubungkan perangkat dalam Flashmode.


13. Cabut kabel data dari Z2 Anda, dan sambil menahan tombol volume bawah, pasangkan kabel data pada Z2.

14. Tunggu sampai proses flashing selesai lalu lepaskan kabel data untuk meninggalkan flashmode, nyalakan Z2 Anda. Selamat Z2 Anda telah memiliki akses Root.

Tutorial ini saya tuliskan sesuai dengan pengalaman saya sendiri pada Z2 milik teman dengan pengembangan dari tutorial XDA-Dev yang mengakibatkan Z2 teman saya tetap mengalami bootloop di logo Sony. Semoga dapat membantu dan terima kasih telah mengunjungi blog saya.

1 comment:

  1. gan mau tanya,.. sebelum hape sya msih normal z2 ntt docomo, setelah pasang Super SU dan pasang TWRP di HAPE,MENGGUNAKAN TWRP manager yg saya peroleh di PLAYSTORE setelah saya ke aplikasi TWRP di arahkan ke menu TWRP tersebut untuk mengunduh aplikasi yg namanya .img apa gitu yg versi sony Z2. setelah itu minta restart.

    setelah restart bukan mau balik ke proses melainkan malah mati.
    hape saya tidak bisa di nyalakan .

    1. saya tekan tombol power (hanya getar 1x saja tanpa tampil apapun)baterai msih normal 80% sbelum melakukan restart TWRP tersebut.

    2 Saya tekan tombol On + up cuman getar 3x saja.(tidak ada tanda kehidupan) meski sya tancapkan charger.

    3.saya tekan Tombol On + button Down ( hape Nyala di Logo Tulisa "SONY" berapa detik langsung mati. ( smbil charger / tanpa charger ) tetep sama mati juga

    4. saya flash dengan kondisi hape sprti ini gagal.

    itu kenapa gan hape saya ini kerusakan pada hardware apa software.

    solusinya gimana gan..
    mohon maaf gan comment banyak sekali mudah2 an tidak bingung membaca nya hehehe. terimah kasih :)







    ReplyDelete